• Translate
  • |
  • Web Mail
  • |
  • Login

E-Learning

Menuju ke halaman  E-Learning Universitas Bina Darma

Klik disini menuju Situs Elearning UBDIstilah e-Learning mengandung pengertian yang sangat luas, sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi e-Learning dari berbagai sudut pandang. Salah satu definisi yang cukup dapat diterima banyak pihak misalnya [Hartley, 2001] yang menyatakan:  e-Learning merupakan suatu metode belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.

[Glossary, 2001] menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa: e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone.
Dari puluhan atau bahkan ratusan definisi yang muncul dapat kita simpulkan bahwa sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat disebut sebagai suatu e-Learning.
Banyak perubahan dengan sangat cepat tentang e-Learning, sebelum kata e-Learning’menjadi popular banyak kata-kata pembelajaran yang telah digunakan dan masih tetap digunakan seperti terlihat dibawah ini:

1.  Pembelajaran jarak jauh (open distance learning )
2.  Pengajaran berbasis Web (web based training )
3.  Pengajaran berbantuan komputer (computer based training )
4.  Pembelajaran berbasis teknologi (technology based learning )
5.  Pembelajaran secara online (online learning )

Definisi lain tentang e-Learning adalah pembelajaran baik secara formal maupun informal yang dilakukan melalui media elektronik, seperti Internet, Intranet, Ektranet, CDROM, video tape, DVD, TV, Handphone, PDA dan lain-lain.

TUJUAN UTAMA E-LEARNING                

Sistem e-Learning memiliki beberapa tujuan dan kegunaan yang dapat dimanfaatkan oleh semua pihak diantaranya adalah: Interactivity: Mahasiswa maupun dosen memungkinkan tersedianya komunikasi lebih banyak dan interaktif, baik secara langsung maupun tidak langsung, Independency: Mengenai tempat , waktu, pengajar menjadi fleksibel . Pembelajaran lebih berorientasi pada mahasiswa (mahasiswa lebih banyak aktif ), Accessibility: Dengan menggunakan teknologi, banyak sumber-sumber yang mudah dicapai, Adaptively: Mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Bebas, dapat sambil beristirahat, dan Enrichment / enlivenment : Dalam presentasi untuk memperkaya dalam pengajaran memungkinkan menggunakan video streaming, simulasi, dan animasi.