bina darma logo

Logo Universitas Bina Darma terdiri atas empat unsur, yaitu:

Bola dunia melambangkan bahwa Bina Darma telah menuju era Globalisasi dibidang pendidikan dalam konsep unity (kesatuan) Bangsa dan Negara.

Air melambangkan sumber kehidupan yang mengalir tanpa berhenti dan bermanfaat bagi umat manusia. Dalam hal ini air mewakili makna IImu / Pengetahuan / Teknologi yang bermanfaat yang dapat dipelajari dan didapatkan peserta didik di Bina Darma. Tiga garis air pada logogram melambangkan Tri Darma perguruan Tinggi Indonesia yang menjadi pedoman dalam sistem pendidikan di lembaga ini. Selain itu, secara geografis, melambangkan posisi / letak dari Bina Darma yang berada dekat dengan Sungai Musi, dalam hal ini Kota Palembang.

Inisial nama Bina Darma yang tergabung dalam huruf B sebagai kesatuan (unity) terditeksi huruf B & D dalam perbedaan warna merah dan kuning.

Toga melambangkan Lembaga Pendidikan yang terkait didalamnya, seperti : Science / lImu, Knowledge / Pengetahuan, Quality / Mutu, Target / Tujuan. Kepala toga mengarah keatas melambangkan bahwa peserta didik yang telah menamatkan pendidikannya di Bina Darma akan menjadi manusia / pemimpin yang unggul di bidangnya masing-masing dalam era globalisasi

Makna Umum dan Makna Warna Logogram

Bina Darma telah menuju era globalisasi pendidikan dengan dasar Tri Darma perguruan Tinggi Indonesia disertai Target / Tujuan yang jelas, dibekali Science / lImu, Knowledge / Pengetahuan, Teknologi dan Quality / Mutu yang prima serta akan terus berkembang, tak terhenti seperti arus air Musi yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

Melambangkan semangat Bina Darma untuk menjadi yang terdepan dan unggul. Semangat yang juga dibina pada peserta didiknya agar menjadi manusia yang berhasil dan unggul di bidangnya masing-masing.

Warna ini melambangkan kebesaran dan keunggulan Bina Darma dari segi mutu dan sistem pendidikan yang diterapkan. Selain ituwarna inijuga melambangkan kebesaran kebudayaan dan sejarah Kerajaan Sriwijaya.

Melambangkan kedalaman ilmu yang bermanfaat yang dapat diperoleh masyarakat di Universitas Bina Darma. Dalam hal initerdapat tiga jenis warna biru, dimulai dari tingkatan biru muda hingga birutua. Hal ini melambangkan Tri Darma perguruan tinggi (pendidikan / pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) yang menjadi pedoman Universitas Bina Darma.

Warna ini melambangkan kewibawaan serta tekad kuat yang dimiliki Universitas Bina Darma untuk menghantarkan mahasiswanya menjadi manusia yang berhasil dan dapat mengabdikan ilmu pengetahuan yang didapatnya kepada Bangsa dan Negara

Makna Umum FengShui Pada Logogram   Fengshui merupakan suatu ilmu alam yang dikaitkan dengan aktivitas manusia dan telah dipraktekkan di negeri China sejak + 2000 tahun lalu. Teori Fengshui terdiri atas 5 unsur alam, yaitu:

1.  Emas / Cin (logam)
2.  Kayu / Mhuk (tumbuh-tumbuhan)
3.  Air / Shui (kehidupan)
4. Api / Fo (semangatl kegunaan)
5. Tanah / Thuh (wadah kesempurnaan)

Apabila dalam satu simbol (logogram) terkandung lima unsur alam tersebut maka menurut fengshui, logogram akan mampu membantu usaha, pekerjaan, pembangunan, masalah kekeluargaan, tugas dan hasil panen yang positif serta akan membawa keberuntungan. Hal ini terbukti dengan kelanjutan Teori Fengshui yang mampu bertahan ribuan tahun.

Adapun kandungan fengshui yang terdapat dalam logogram Bina Darma adalah sebagai berikut :

1. Warna kuning, mewakili unsur Emas / Cin (logam). Bermakna keabadian dan kebesaran.
2. Inisial BD dan Toga, mewakili unsur Kayu / Mhuk. Bermakna pertumbuhan dan perkembangan.
3. Tri Darma, mewakili unsur Air / Shui. Bermakna kehidupan yang mengalir terus menerus.
4. Warna merah, mewakili unsur Api / Fo. Bermakna kecerdasan, semangat dan keberanian.
5. Bola Dunia, mewakili unsur Tanah / Thuh. Bermakna satu wadah sempurna yang tidak pernah putus sirkulasi dan pemutarannya.

Secara keseluruhan, unsur-unsur tersebut bermakna bahwa Bina Darma merupakan wadah yang dapat diuji iman dan ilmunya, tumbuh dan berkembang seperti air yang mengalir terus menerus, memberi kehidupan, kecerdasan dengan warna emas yang melambangkan tahan diuji sepanjang masa dan abadi dengan segala kebesaran yang dimiliki.

Makna Umum Logotype

Universitas

Kata Universitas menggunakan huruf AvantGarde BK BT, dimaksudkan untuk menunjukkan ketegasan dari Bina Darma sebagai lembaga pendidikan yang formal.
Warna Merah pada kata Universitas melambangkan keberanian dan keteguhan Bina Darma menuju era globalisasi.

Bina Darma

Kata Bina Darma menggunakan huruf BenguiatGot BKBT, memberikan kesan Tegas, Luas dan Kecerdasan.
Warna Biru pada kata Bina Darma melambangkan air. Hal ini bermakna bahwa di Bina Darma terdapat banyak ilmu bermanfaat yang dapat dimiliki dan diperdalam oleh setiap peserta didik untuk nantinya dapat diabdikan kepada Bangsa dan Negara.