Persyaratan : (DIII, D4 & S1)

  1. Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA Sederajat yang Dilegalisir Atau Surat Keterangan Lulus SMA/SMK/MA yang telah dilegalisir (1 Lembar)
  2. Fotocopy Ijazah SMP/MTS (Jika Belum Mendapatkan Ijazah SMA/K/MA)
  3. Fotocopy SKHU/Nilai yang telah dilegalisir (1 Lembar) (Jika Memiliki SKHU)
  4. Fotocopy KK dan KTP (masing-masing 1 lembar)
  5. Pas Foto Berwarna Latar Kuning 3×4 (2 Lembar)
  6. Materai 10.000 (4 Lembar)
  7. Fotocopy Akte Kelahiran (1 Lembar)

Persyaratan Lulusan D2/D3 ke S1 (Transisi)

  1. Fotocopy Ijazah Diploma Dua / Tiga yang telah dilegalisir (2 Lembar)
  2. Fotocopy Transkip Nilai yang telah dilegalisir (2 Lembar)
  3. Fotocopy KK dan KTP (masing-masing 1 Lembar)
  4. Pas Foto Berwarna Latar Kuning 3×4 (2 Lembar)
  5. Materai 10.000 (4 Lembar)
  6. Fotocopy Akte Kelahiran (1 Lembar )
  7. Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA Sederajat (1 Lembar)

Persyaratan Mahasiswa Pindahan (Mutasi)

  1. Surat Keterangan Berhenti atau Pindah ke Universitas Bina Darma (Asli dan Fotocopy 1 Lembar)
  2. Fotocopy Transkrip Nilai yang telah dilegalisir (2 Lembar)
  3. Fotocopy KK dan KTP (Masing-masing 1 Lembar)
  4. Pas Foto Berwarna Kuning 3×4 2 (Lembar)
  5. Materai 10.000 (4 Lembar)
  6. Fotocopy Akte Kelahiran (1 Lembar)
  7. Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA Sederajat (1 Lembar)

Persyaratan Program Pascasarjana (S2)

  1. Fotocopy Ijazah D4 atau S1 yang telah dilegalisir (2 Lembar)
  2. Fotocopy Transkip Nilai Ijazah D4 atau S1 yang telah dilegalisir (2 Lembar)
  3. Fotocopy KK dan KTP (Masing-masing 2 Lembar)
  4. Pas Foto Berwarna Latar Kuning 3×4 (2 Lembar)
  5. Materai 10.000 (4 Lembar)
  6. Fotocopy Akte Kelahiran (1 Lembar )

Persyaratan Beasiswa KIP-Kuliah (D3,D4 & S1)

  1. Fotocopy Kartu Tanda Siswa / Kartu Pelajar
  2. Fotocopy Raport Kelas X-XII Yang Dilegalisir Oleh Kepala Sekolah (Lengkap Dari Awal Sampai Akhir)
  3. Fotocopy Ijazah SMA/K/MA Yang Dilegalisir Oleh Kepala Sekolah (SKL Bagi Yang Belum Mendapatkan Ijazah).
  4. Surat Keterangan Tentang Prestasi / Peringkat Siswa Di Kelas Semester 1 S/D 6
  5. Bukti Pendukung Prestasi Di Bidang No-Kurikuler Dan Ekstrakurikuler Yang Disahkan Oleh Kepala Sekolah (Piagam Penghargaan).
  6. Fotocopy Kartu Indonesia Pintar (KIP) Atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Atau Bukti Mendapatkan Bantuan Beasiswa Miskin (BBM) Atau Bukti Mendapatkan Pip Di SMA/K/MA (Scan SK Menteri).
  7. Surat Keterangan Tidak Mampu Yang Dapat Membuktikan Kebenarannya, Yang Telah Disahkan (RT/RW/Lurah/Camat/Kepala Desa).
  8. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali Yang Disahkan (RT/RW/Lurah/Camat/Kepala Desa).
  9. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) Atau Surat Keterangan Tentang Susunan Keluarga Yang Dilegalisir.
  10. Kartu Tanda Penduduk (KTP) (Jika Belum Memiliki KTP dapat Melampirkan KTP Sementara dari RT/RW/Lurah/Camat/Kepala Desa)
  11. Fotocopy Rekening Listrik 3 Bulan Terakhir (Apabila Tersedia Aliran Listrik)
  12. Fotocopy Rekening Air 3 Bulan Terakhir (Apabilah Menggunakan Pam/Pdam)
  13. Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) (Apabila Mempunyai Bukti Pembayaran) Dari Orang Tua/Wali.
  14. Pas Photo 3×4 (5 Lembar), 4×6 (5 Lembar) 2×3 (5 Lembar) (Semua Photo Berlatar Merah)
  15. Foto Kondisi Rumah (Tampak Depan, Tampak Dalam, Tampak Samping Kiri-Kanan)

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa KIP-Kuliah

  1. Daftar Online Kip-Kuliah Melalui Laman Https://Kip-Kuliah.Kemdikbud.Go.Id/
  2. Lengkapi Data Dan Pada Saat Mengusu Seleksi > Pilih Seleksi Mandiri PTS (Perguruan Tinggi Swasta).
  • Pilih Perguruan Tinggi Universitas Bina Darma
  • Pilih Program Studi Yang Diinginkan Di Universitas Bina Darma
  • Setelah Selesai Pengisian Data, Print Kartu Peserta KIP-Kuliah Tahun 2021 Dan Formulir Pendaftaran Kip-Kuliah Tahun 2021
  1. Daftar Di Universitas Bina Darma Dengan Cara Datang Langsung Ke Kampus Atau Online Dengan Pilihan Daftar Jalur Beasiswa Kip-Kuliah Pada Laman Https://www.binadarma.ac.id/pendaftaran/

Universitas Bina Darma, Memiliki 5 (Lima), Pendaftaran Langsung Ke Kampus > Pendaftaran Online > Daftar Jalur Undangan > Daftar Jalur Umum / Mandiri > Daftar Jalur AFIRMASI> Daftar Jalur KIP.

Universitas Bina Darma, memiliki 5 (Lima) prosedur pendaftaran.

  Daftar Jalur Undangan     Daftar Jalur Umum  

  Daftar Jalur AFIRMASI  
  Daftar Jalur KIP  

  • Jalur Undangan : Calon Mahasiswa yang Mendapatkan Undangan Khusus dari Universitas Bina Darma.
  • Jalur Daftar Langsung Ke Kampus Universitas Bina Darma
  • Jalur Umum : Calon Mahasiswa Maru yang Mendaftar Cecara Umum / Jalur Mandiri.
  • Jalur KIP-Kuliah : Calon Mahasiswa Baru Calon Penerima Beasiswa KIP-Kuliah
  • Jalur AFIRMASI : Calon Mahasiswa Baru Program Afirmasi, ADIK PAPUA, ADIK PAPUA BARAT, ADIK TKI, ADIK 3T, ADIK ADEM

Prosedur Pendaftaran Online

  1. Klik link PENDAFTARAN ONLINE
  2. Isi dan lengkapi formulir pendaftaran dengan memasukan nama depan, nama belakang, email, no.hp, dan captcha. Pastikan bahwa email dan no.hp Anda dalam kondisi aktif, karena konfirmasi pendaftaran akan dikirim secara otomatis. form_pmb1
  3. Mohon dicek seluruh data sebelum menekan tombol “Lanjutkan”. Jika Anda selesai menekan tombol “Lanjutkan” selanjutnya Anda akan menerima pesan sebagai berikut:

    Terima kasih anda telah melakukan tahap awal pendaftaran, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melanjutkan :

    • Silahkan buka e-mail yang telah anda daftarkan
    • Periksa kotak masuk/ Spam dengan subject Kode Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Bina Darma
    • Catat atau copy kode pendaftaran
    • Klik link yang disediakan dalam e-mail
    • Masukan kode pendaftaran yang telah anda catat atau copy tadi, kemudian isikan pada form yang disediakan.
    • Jika kode pendaftaran benar, isi form pendaftaran kemudian akan tampil nomor test.
    • Silahkan mengikuti test sesuai tanggal yang sudah ditentukan dan prasyarat yang tertera pada nomor test

     

  4. PENDAFTARAN SESUAI DENGAN PILIHAN JALUR DAFTAR
  5. JIKA SELESAI MENDAFTAR DIHARAPKAN UNTUK MELENGKAPI PEMBERKASAN REGISTRASI KE KAMPUS SESUAI DENGAN PERSYARATAN DI ATAS.

PENDAFTARAN PERIODE GANJIL
Awal perkuliahan Diploma dan Sarja semester ganjil september 2021

Periode Pendaftaran Tanggal Pendaftaran Biaya Pendaftaran
Gelombang I Maret – April 2021 Rp. 300.000
Gelombang II Mei – Juni 2021 Rp. 300.000
Gelombang III Juli – Agustus 2021 Rp. 300.000

 PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI PERPANJANG
TANGGAL, 1 s/d 25 SEPTEMBER 2021


Waktu Kuliah Kelas Karyawan D3, D4 & S1 :

Kelas Malam : Senin – Jum’at (17.00 – 22.00 WIB) + Elearning
Kelas Sabtu Pagi : Sabtu (07.00 – 14.30 WIB) + Elearning
Kelas Sabtu Siang : Sabtu (13.00 – 22.00 WIB) + Elearning
Note : Jadwal Perkuliahan Tentatif Menyesuaikan Jadwal Per Semester  

Waktu Kuliah Kelas Reguler :
Kelas Reguler : Senin – Jum’at (08.00 – 15.45 WIB) + Elearning
Note : Jadwal Perkuliahan Tentatif Menyesuaikan Jadwal Per Semester 

 

BIAYA PENDIDIKAN PER SEMESTER (D3, D4 & S1)
Tahun Akademik 2021/2022 Ganjil:

No FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI BIAYA PENDIDIKAN
REGULER KARYAWAN / MALAM
1 FAKULTAS ILMU KOMPUTER (S1)

Program Studi
– Sistem Informasi
– Teknik Informatika
Rp. 6.400.000 Rp. 6.900.000
2 FAKULTAS EKONOMI & BISNIS (S1)

Program Studi
– Manajemen
– Akuntansi
Rp. 5.400.000 Rp. 5.900.000
3 FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI (S1)

Program Studi
– Ilmu Komunikasi
Rp. 5.400.000 Rp. 5.900.000
4 FAKULTAS TEKNIK (S1)

Program Studi
– Teknik Sipil
– Teknik Elektro 
– Teknik Industri
Rp. 5.400.000 Rp. 5.900.000
5 FAKULTAS PSIKOLOGI (S1)

Program Studi
– Psikologi
Rp. 5.400.000 Rp. 5.900.000
6 FAKULTAS KEGURUAN, ILMU PENDIDIKAN & BAHASA (S1)

Program Studi
– Pendidikan Bahasa Indonesia
– Pendidikan Olahraga
– Sastras Inggris
Rp. 5.400.000 Rp. 5.600.000
7

FAKULTAS VOKASI (D3 /D4)

Program Studi Diploma 3 (D3)
– Manajemen Informatika
– Teknik Komputer
– Komputerisasi Akuntansi
– Manajemen Perusahaan
– Administrasi Bisnis

 

Rp. 4.500.000

Rp. 5.000.000

FAKULTAS VOKASI (D4) 

Program Studi Diploma 4 (D4)
– Pengelolaan Perhotelan
 Rp. 4.500.000

 Rp. 5.000.000

 

UANG PANGKAL :

Uang Pangkal Strata 1 (S1):
Hanya Sekali Selama Kuliah: Rp. 3.500.000

Uang Pangkal Vokasi (D3-D4):
Hanya Sekali Selama Kuliah: Rp. 2.500.000


PROGRAM PASCASRJANA (S2)

Syarat Pendaftaran:

  1. Fotocopy ijazah D4 atau S1 Yang Telah Dilegalisir (2 Lembar)
  2. Fotocopy Transkip D4 atau S1 Yang Telah Dilegalisir (2 Lember)
  3. Fotocopy KK dan KTP masing-masing (2 Lembar)
  4. Pasfoto Berlatar Kuning 3×4 (2 Lembar)
  5. Materai 10.000 (3 Lembar)
  6. Biaya kuliah dapat diansur 4x (empat kali)
Program Studi Reguler A  Reguler B & C
Magister Manajemen Rp. 6.000.000 Rp. 5.000.000
Magister Teknik Informatika Rp. 6.000.000 Rp. 5.000.000
Magister Ilmu Komunikasi Rp. 6.000.000 Rp. 5.000.000
Magister Teknik Sipil Rp. 6.000.000 Rp. 5.000.000

Waktu Kuliah Pascasarjana:
Reguler A: Jum’at – Sabtu (08.00 – 17.00 WIB) + Elearning
Reguler B: Senin – Kamis (18.00 – 21.00 WIB) + Elearning
Reguler C: Senin – Kamis (16.00 – 18.30 WIB) + Elearning
Note : Jadwal Perkuliahan Tentatif Menyesuaikan Jadwal Per Semester 

 

(Official Layanan PMB D3, D4 & S1)

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

Telp / WA : Admin 1 : 0811-7155-582 / Admin 2 : 0811-7125-582

(Official Layanan Program Pascasarjana S2)

Telp / WA : Admin 1 : 0815-3850-176 / Admin 2 : 0853-5711-0405 / Admin 3 : 0853-83136949

*Note : Pilih Salah Satu Nomor Layanan

 

 

  Daftar Jalur Undangan     Daftar Jalur Umum