Dosen UBD Beri Pelatihan ICT untuk Guru di Kab. Banyuasin

Salah satu dari Tri Dharma Perguruan TInggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan positif. Seperti yang dilakukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Darma menyambangi SMA Negeri 1 Sembawa Banyuasin untuk melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara SMA se-Kabupaten Banyuasin sekaligus melakukan pelatihan media pembelajaran berbasis ICT sebagai penunjang implementasi kurikulum 2013.

Disampaikan oleh Wakil Rektor II Universitas Bina Darma, Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M., bahwa UBD tidak hanya melakukan kerjasama bagi sekolah-sekolah di Kota Palembang, tapi diperluas lagi hingga ke daerah-daerah. Dengan tujuan untuk membagi ilmu para dosen kepada guru-guru di Kabupaten Banyuasin.

“Memang sudah menjadi kewajiban seorang dosen untuk membagikan ilmunya dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Ini salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mengabdikan ilmkunya. Namun sasaran kita tidak hanya terbatas untuk SMA saja, tapi menyentuh keseluruh lapisan masyarakat. Karena itu UBD juga melakukan kerjasama dengan Kemenkumham dalam hal pemberian pelatihan baik di lapas anak maupun di Lapas Merah Mata. Dan saat ini kita sedang menjalin kerjasama untuk memberikan pelatihan bagi lapas wanita di Merdeka”

Dr. Sunda juga mengharapkan pelatihan yang dilakukan ini dapat bermanfaat dan memang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga dalam meningkatkan keterampilan guru-guru di sekolah dalam proses belajar mengajar, “Hendaknya perguruan tinggi lainnya dapat melakukan hal yang sama sehingga dapat meningkatkan dunia pendidikan di Sumatera Selatan dengan lebih cepat lagi”.

Sementara Armunadi menegaskan pentingnya kerjasama seperti yang dilakukan oleh Universitas Bina Darma. Dikarenakan selama ini sekolah dalam proses belajar mengajarnya masih bersifat manual, sehingga dengan adanya pelatihan ICT ini, proses pembelajaran dapat menggunakan IT dan sehingga mempermudah dan dapat memberikan semangat bagi peserta didik.

“Kami sangat berterima kasih kepada Universitas Bina Darma untuk kerjasama yang dilaksanakan hari ini. Hendaknya dapat ditingkatkan lagi, tidak hanya untuk beberapa sekolah, bila perlu seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Banyuasin mendapatkan pelatihan yang sama. Untuk itu Bina Darma dapat berkomunikasi langsung dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin, sehingga seluruh sekolah mendapatkan juga pelatihan. Karena ini sangat bermanfaat sekali bagi sekolah, khususnya guru-guru”.

(im)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *