KEGIATAN UBD

KEGIATAN UBD

DOSEN UBD TINGKATKAN MUTU PENGAJARAN DAN PENELITIAN GURU BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2022, Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP dan Bahasa Universitas Bina Darma (UBD) memberikan pelatihan kebahasaan dan kesusastraan kepada para guru.

Pelatihan menyasar para guru bahasa dan sastra Indonesia yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (MGMP-BI) Kabupaten Ogan Ilir.

Kegiatan digelar secara hybrid (luring dan daring) pada 1-3 Desember 2022. Pelatihan hari pertama berlangsung secara luring sekaligus penandatangan kerja sama pada 1 Desember 2022 di SMA Negeri 3 Tanjung Raja, Kabupten Ogan Ilir. Selanjutnya, kegiatan online (daring) dilaksanakan pada 2-3 Desember 2022 melalui akun zoom meeting.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIPB, UBD, Dr. Hastari Mayrita, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu realisasi program kerja sama. Khususnya antara UBD, yakni Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIPB UBD, dengan Lembaga Profesi MGMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP/SMA/SMK/Sederajat Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan.

“Lahirnya kegiatan ini bermula dari obrolan sederhana antara Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dengan ketua MGMP SMP dan SMA Bahasa Indonesia Kabupaten Ogan Ilir,” ungkap Hastari.

Adapun tujuannya, lanjut Hastari, untuk meningkatkan kualitas guru-guru bahasa Indonesia di Kabupaten Ogan Ilir.

“Terutama dalam menghasilkan tulisan karya ilmiah, baik berupa artikel penelitian, maupun buku-buku kumpulan puisi/prosa ber-isbn. Kegiatan ini juga sebagai pencerahan para guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Lukmanul Hakim SPd MM, Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Ogan Ilir mengungkap, dirinya sangat bangga. Saat momen Hari Guru, pihaknya dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas guru bahasa Indonesia. Terutama dalam bidang penelitian dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia di Bumi Caram Seguguk.

Alamsari,M.Pd., Ketua MGMP SMP Bahasa Indonesia Kabupaten OI dalam sambutan pada penutupan kegiatan ini pada tanggal 3 Desember 2022, menjelaskan, “melalui kegiatan ini diharapkan para peserta, khususnya para guru yang hadir, yang tidak hanya berasal dari Kabupaten OI, tetapi juga dari berbagai daerah yang ada di Sumsel, bahkan di pulau Jawa, dapat meningkatkan kualitas dalam mengajar dan produktif dalam menghasilkan karya ilmiah dan buku fiksi maupun non-fiksi.* (PR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *