Nuansa Akademik dengan memakai seragam kebaya dan batik memperingati Hari Kartini

Nuansa Akademik dengan memakai seragam kebaya dan batik memperingati Hari Kartini

Pagi hari, bapak/ibu dosen dan karyawan Universitas Bina Darma satu per satu datang dengan memakai seragam kebaya dan seragam batik. Pemakaian seragam ini dalam rangka memeriahkan hari kartini (21/4/2016).  Universitas Bina Darma akan mengapresiasi bagi dosen dan karyawan yang memakai seragam terbaik. Tim BTV-UBD ditunjuk untuk melakukan pengambilan foto kepada seluruh dosen dan karyawan baik di Kampus Utama, Kampus A sampai dengan Kampus D.  Foto-foto yang sudah dikoleksi akan disaring oleh tim juri untuk mencari para pemenang. Kedepan kegiatan ini dikatakan Rektor akan dijadikan sebagai kegiatan rutin tahunan.

Nuansa akademik saat ini dibaluti dengan suka cita, mengajar dengan menggunakan kebaya akan lebih menunjukkan seorang wanita pendidik yang profesional, seperti terkenang dengan sosok wanita pejuang yaitu R.A Kartini.  Mahasiswa saat itu sangat menghargai sekali perbedaan peran seorang dosen wanita apabila dibandingkan dengan hari-hari biasa. Terlihat perbedaan yang jelas ketika seragam dosen di kelas sama dengan seragam mahasiswa.

Diketahui bahwa Kartini memiliki peran yang sangat besar untuk mengangkat derajat kaum wanita semasa jaman penjajahan walaupun beliau memang tidak ikut bertarung di medang peran, keinginannya itu untuk disejajarkan dengan kaum pria terutama dalam hal memperoleh pendidikan.  Berkat kerja keras beliau memperjuangkan hak wanita, tanggal 2 Mei 1964 berdasarkan Keputusan Presiden No. 108 dimana Presiden Soekarno menetapkan tanggal 21 April sebagai hari kartini. Kartini dikenal sebagai tokoh perempuan yang memperjuangkan hak–hak kaum hawa yang saat ini dikenal dengan nama “emansipasi wanita”.

Berikut foto-foto hasil dari pelacakan dari berbagai facebook dosen dan karyawan.

   facebook-desy-binadarma facebook-ayu-binadarma facebook-rolia-binadarma facebook-mita-binadarma

Segenap civitas akademika Universitas Bina Darma mengucapkan Selamat Hari Kartini Tahun 2016, mudah-mudahan cita-cita luhurmu terkenang bagi para wanita hingga akhir perjuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *