Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian

Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian

Setiap dosen seharusnya memperhatikan Tri Dharma PT, meliputi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Berbeda dengan darma pertama (pendidikan), darma penelitian sering terabaikan, padahal sangat penting baik secara substantif maupun normatif, disamping secara legal formal diperlukan untuk akriditasi instritusi dan karer dosen.

Secara substantif, dosen mempunyai tanggungjawab untuk meningkatkan kapasitas intelektual (keilmuan) sesuai dengan mata kuliah yang diasuh serta peningkatan bahan ajar. Sedangkan secara normatif berdasarkan UU Pasal 20 Tahun 2003 Sisdiknas dimana PT berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di samping itu juga secara legal formal, hal ini untuk meningkatkan karir kepangkatan dosen dan meningkatkan akreditasi institusi.

Berdasarkan hal itu, UBD didampingi oleh Tim Detaser DIKTI melakukan perbaikan terhadap penelitian dosen melalui “Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian” yang dilaksanakan tanggal 24 Mei 2011 di Kampus B.

Materi yang disampaikan meliputi:

  1. Dr. Roni Koneri, S.Pd., M.Si., tentang Kiat-Kiat Sukses Menyusun Proposal Penelitian.
  2. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M., tentang Kesalahan Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan dalam Karya Ilmiah Dosen Universitas Bina Darma.
  3. Ali Munawar, PhD., tentang SKIM-SKIM Penelitian dengan Dana DIKTI.
  4. Dr. Machyudin Agung, M.Si., tentang Penelitian ilmu Sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *