PRODI SISTEM INFORMASI UBD GELAR INTERNATIONAL VISITING LECTURE BERSAMA UKM

PRODI SISTEM INFORMASI UBD GELAR INTERNATIONAL VISITING LECTURE BERSAMA UKM

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas Bina Darma menggelar International Visiting Lecturer Bersama University of Kebangsaan Malaysia (UKM). Acara tersebut berlangsung secara virtual melalui zoom meeting pada Selasa, 27 Juni 2023.

Dalam international visiting lecturer ini menghadirkan narasumber dari University of Kebangsaan Malaysia Assoc. Prof. Nazlena Mohamad Ali Senior Research Fellow IVI University of Kebangsaan Malaysia. Kegiatan ini membahas seputar Human Computer Interaction (HCI) atau Interaksi manusia dan komputer.

Kegiatan international visiting lecturer tersebut, juga dihadiri oleh Dr. Tata Sutabri, S.Kom., MMSI., MKM, Dekan Fakultas Sains Teknologi, Nita Rosa Damayanti Ph.D, Ketua Program Studi Sistem Informasi, serta 220 Mahasiswa dari Universitas Bina Darma dan University of Kebangsaan Malaysia.

Dalam presentasinya Assoc. Prof. Nazlena Mohamad Ali membahas tentang HCI, dimana HCI adalah suatu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem komputer maupun sistem yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dimana tujuan dari HCI adalah Menghasilkan sistem yang dapat digunakan (usable), memiliki manfaat (useful), mudah dioperasikan oleh pengguna (user friendly), serta fungsionalitas yaitu fungsi-fungsi yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan pembuatan.

Nita Rosa Damayanti PH.D, menyampaikan harapannya dengan adanya aspek penyelenggaraan pendidikan/pengajaran, serta usaha-usaha yang dilakukan berlandaskan pada pemikiran bahwa kualitas lulusan tidak hanya  ditentukan oleh kualitas raw input namun juga oleh proses perkuliahan.

Adanya visiting lecturer dalam perkuliahan akan menambah kualitas pembelajaran, serta memberikan pengalaman belajar langsung kepada mahasiswa dengan hadirnya dosen asing dari luar negeri, dan meningkatkan wawasan internasional bagi mahasiswa serta peluang juga untuk memiliki networking bagi dosen-dosen Universitas Bina Darma. Networking tersebut akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen,” ujar Nita Rosa Damayanti., PH.D

Dengan diadakannya visiting lecturer ini diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa dan meningkatkan kerjasama luar negeri antara University of Kebangsaan Malaysia bersama Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Darma.

Dr. Tata Sutabri S.Kom, MMSI, MKM, mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa serta dosen, dan untuk selanjutnya Falkutas Sains Teknologi akan terus mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi dan reputasi akademik, serta menjadikan Program Studi Sistem Informasi unggul dan bermutu.* (PR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *