Program S2 Magister Teknik Informatika Akreditasi “B”

Program S2 Magister Teknik Informatika Akreditasi “B”

Hasil dari visitasi Borang Akreditasi Program Studi Magister Teknik Informatika Strata 2 (S2) telah membuahkan hasil. Berdasarkan No. SK 2798/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2016 menyatakan bahwa nilai Akreditasi Program S2 MTI Universitas Bina Darma adalah “B” dengan masa berlaku sampai dengan 24 Nopember 2021.  Adapun standar penilaian ini berdasarkan 7 parameter (elemen penilaian) yang dapat digunakan sebagai dasar mengukur serta menetapkan mutu dan kelayakan program studi S2 dengan melihat proses manajemen (visi, misi, strategi pencapaian, kepemimpinan, dan penjaminan mutu), melihat kondisi mahasiswa dan lulusan, melihat kondisi SDM dengan menitikberatkan pada dosen-dosen yang bereputasi dengan pendidikan S3, melihat kurikulum dan suasana akademik, melihat kondisi keuangan, kondisi sarana prasarana, kondisi system informasi, serta melihat kuantitas maupun kualitas dari penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan oleh dosen.

Dikatakan dalam Buku II standar dan prosedur akreditas program studi S2 bahwa tujuan dan manfaat akreditasi program studi adalah sebagai berikut  :

  1. Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar.
  2. Mendorong program studi/perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi
  3. Hasil akreditasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam transfer kredit, usulan bantuan dan alokasi dana, serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.

Dengan hasil akreditasi yang didapat dari Program S2 Magister Teknik Informatika ini, Universitas Bina Darma memiliki 1 (satu) program studi terakreditasi “A” yaitu Sistem Informasi dan 18 program studi terakreditasi “B”, sehingga UBD tidak ada program studi dengan akreditasi C.

Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc., merasa senang dan bangga dengan kondisi akreditasi yang telah dicapai, namun dengan prestasi ini tetap berharap kepada semua komponen civitas akademika terus berupaya memperbaiki kondisi-kondisi yang masih kurang sehingga kedepan UBD bisa memiliki Perguruan Tinggi dengan akreditasi “A”.  Sistem Informasi yang belum berjalan supaya ditingkatkan sehingga informasi yang disampaikan transparan, efektif, dan efisien. Disamping itu, penelitian dan pengabdian yang dilakukan harus benar-benar bermanfaat dan bernilai untuk kemaslahatan bersama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *