Seminar Awareness Information Security Cyber Security 2016

Teknologi informatika terhadap perkembangannya saat ini semakin cepat seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Dampak yang ditimbulkan dapat mempengaruhi peradaban manusia seperti mudahnya berkomunikasi dan mengakses data tanpa memperhitungkan jarak, tempat, dan waktu.  Walaupun demikian semua data dan informasi yang diberikan membuat peluang untuk coba dan terus mencoba membuka terhadap bocornya data informasi yang kita miliki oleh pihak ketiga, baik disengaja maupun tidak disengajara atau bahkan karena lemahnya teknologi yang dimiliki.

Untuk mengantisipasi hal tersebut diatas, perlu ada upaya penyadaran tidak saja bagi pengguna fasilitas teknologi ini, namun juga masyarakat luas akan pentingnya memahami tindakan-tindakan preventif terkait dengan upaya-upaya perlindungan keamanan informasi.

Keamanan Informasi merupakan sebuah upaya dalam melindungi, mempertahankan informasi yang kita miliki dari upaya-upaya mengakses secara illegal, penggunaan, pengungkapan, gangguan, modifikasi, mengubah, pemeriksaan, membuat duplikasi atau menghilangkan oleh pihak ketiga. Ini adalah istilah umum yang dapat digunakan terlepas dari bentuk data dapat diambil (misalnya elektronik, fisik). Upaya yang tertuang dalam training Information Security Awareness sudah menjadi hal penting untuk diimplementasikan kedalam suatu bentuk tata kelola teknologi informasi dan komunikasi secara terpadu dan komprehensif, tidak saja untuk melindungi data yang kita miliki agar kerahasiaan, ketersediaan informasi dapat terjaga dengan baik. Lebih dari itu untuk dapat menciptakan good governance atau good corporate secara optimal. Tentu saja karena sumber daya manusia merupakan obyek utama sebagai penggerak terciptanya mekanisme sistem keamanan informasi, maka perlu upaya-upaya peningkatan kapasitas serta kapabilitas, sehinga pelaksanaannya berjalan dengan baik dan benar.

Dalam pertemuan tersebut jika memahami Information Security Awareness berarti akan mampu mengembangkan Organisasi Keamanan Informasi, memantau informasi aset, melaksanakan Sumber Daya Manusia Keamanan, meningkatkan kesadaran keamanan informasi di kantor,  meningkatkan manajemen pihak ketiga, meningkatkan fisik dan Keamanan Lingkungan, dan meningkatkan kesadaran tentang dampak media sosial dan kejahatan cyber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *