UBD Bekerjasama Menciptakan Kampus Bersih Narkoba bersama Dispora Sumsel dan BNN

Tingginya pengguna narkoba dikalangan mahasiswa dan pelajar menjadi perhatian khusus Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Selatan dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah BNN bekerjasama dengan lembaga pendidikan dengan melakukan penyuluhan dan disukusi panel dengan pelajar dan mahasiswa guna memberantas dan mencegah narkoba di kalangan remaja, khususnya mahasiswa. Kejahatan Narkoba bisa dikatakan sebagai kejahatan yang sangat serius. Di tahun 2015 ini diperkirakan angka prevalensi terhadap pengguna Narkoba telah mencapai 4,1 juta orang (2,2%). Sedangkan kerugian material diperkirakan kurang lebih Rp 63 triliun yang meliputi kerugian diakibatkan biaya pengobatan, belanja Narkoba, barang-barang yang dicuri dan biaya rehabilitasi

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel H. Syaidina Ali didampingi Rektor Universitas Bina Darma (UBD) Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc., usai pembukaan penyuluhan dan diskusi panel bahaya narkoba yang dilaksanakan Dispora Sumsel bekerjasama BNN Sumsel dan UBD. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula UBD diikuti sebanyak 1000 mahasiswa di lingkungan UBD.

“Saat ini peredaran narkoba di tanah air menjadi perhatian serius pemerintah dan semua pihak. Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyalahgunaan narkoba. Seperti letak geografi, faktor ekonomi, kemudahan memperoleh obat, keluarga, masyarakat, dan kepribadian dari individu yang menyalahgunakan narkoba tersebut. Dispora Sumsel merasa terpanggil untuk menggelar diskusi panel penyuluhan narkoba”.

Ditambahkannya, dari kegiatan ini banyak hal yang akan diketahui oleh mahasiswa seperti jenis, bentuk, dampak dan bahaya narkoba yang dapat merugikan secara sosial dan ekonomi. Sedangkan Rektor UBD mengatakan terpilihnya UBD oleh Dispora Sumsel dan BNN dimungkinkan karena hasil penelitian BNN Provinsi Sumsel bahwa mahasiswa UBD memang sudah dianggap bebas narkoba.

“Sesuai visi dan misi UBD yakni ingin menghasilkan sarjana yang profesional dan berakhlak mulia, kami tentunya sangat senang dengan kerjsama ini, kita berharap mahasiswa UBD tidak hanya bebas unsur dirinya namun bisa juga ikut membebaskan lingkungannya. Karena itu, untuk menciptakan kampus bersih dan bebas narkoba dilakukan dengan melaksanakan tes narkoba. Dan akan diterapkan saat penerimaan mahasiswa baru mendatang. Dan apabila mahasiswa atau calon mahasiswa ada yang terindikasi narkoba akan dikeluarkan”.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *