UNIVERSITAS BINA DARMA BERSAMA UNIVERSITAS MDP AKAN BERKOLABORASI RISET MEMBUAT DRONE UNTUK MEMANTAU KEBAKARAN HUTAN DI WILAYAH SUMATERA SELATAN

UNIVERSITAS BINA DARMA BERSAMA UNIVERSITAS MDP AKAN BERKOLABORASI RISET MEMBUAT DRONE UNTUK MEMANTAU KEBAKARAN HUTAN DI WILAYAH SUMATERA SELATAN

Universitas Bina Darma – Sebagai Universitas terbaik di Sumatera Selatan Universitas Bina Darma kembali membangun sinergi antar perguruan tinggi. Pada Jumat tanggal 4 Juni 2021 Rektor Universitas Bina Darma Dr. Sunda Ariana, M.Pd.,MM didampingi oleh seluuh wakil rektor dan ketua program studi menerima kunjungan silaturahmi dari Universitas MDP Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Wijang Widiarso.

Dalam kesempatan ini Rektor Universitas Bina Darma menyatakan menyambut baik kunjungan dari Universitas MDP tersebut, beliau juga menyatakan untuk pertemuan ini diteruskan ke dalam hubungan kerja sama antar Universitas. Masing-masing Univeritas memiliki keunggulan masing-masing yang nantinya bisa dikolaborasikan sehingga menghasilkan produk yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Dalam diskusi lebih lanjut kedua pihak sepakat untuk bersama membuat drone yang bisa digunakan untuk memantak kebakaran hutan yang ada di sumatera selatan. Wakil Rektor bidang Riset, Teknologi dan Inovasi Dr, Edi Surya Negara, M.Kom menambahkan Hal ini dilakukan demi mendukung program pemerintah dimana tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia nomor P.32/MenLHK/Setjen/Kum.1/3/2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, menyatakan:

Dalam upaya meningkatkan kualitas pengendalian kebakaran hutan dan lahan perlu didukung oleh sarana dan prasarana, meliputi Sarana deteksi dini kebakaran hutan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf f, meliputi menara pengawas atau CCTV atau sensor panas sejenisnya, perangkat pendukung untuk mengolah data informasi hotspot, global positioning system, drone, ultra light trike atau pesawat terbang sejenisnya, dan peralatan dan perlengkapan untuk penyebar-luasan informasi hasil deteksi dini.

Dijelaskan dalam peraturan tersebut bahwa drone merupakan salah satu alat yang bisa digunakan sebagai sarana deteksi dini untuk kebakaran hutan. Universitas MDP juga menyempatkan berkunjung ke Laboratorium Data Science yang di miliki Universitas Bina Darma. Laboratorium Data Science yang dimiliki oleh Universitas Bina Darma selain dimanfaankan sebagai sarana Riset bagi penelitian dosen dan mahasiswa dibidang data science, machine learning, deep Learning dan visualisasi data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *